Tuesday, January 20, 2015

Membangun Tim Hebat Menggunakan DISC Profilling

Tim Bisnis

Beberapa hari yang lalu ada yang nulis status di facebook
kurang lebih seperti ini…
"cari karyawan yang kerjanya bener susaaah!

Benarkah?

Nah kebetulan saya punya DVD YEA Virtual tentang people management. jadi saya akan sharing tentang membangun tim hebat  menggunakan DISC Profilling.
   DISC profile test adalah test KARAKTER DASAR seseorang, sehingga dia cocok dengan pekerjaannya. Atau menempatkan orang-orang/karyawan sesuai dengan karakter dasar dan potensinya.

OK, kita mulai yaa...

1. Tipe "D",Dominance atau Koleris.
Orang-orang yang berkarakter Tegas (cenderung temperamen). Ciri lain orang "D" adalah memimpin, orientasi tujuan, berani, cocok untuk Pimpinan, baik kelompok kecil maupun besar. Orang-orang "D" sangat suka persaingan, mengatur, menekan, sekaligus problem solver, tapi kebanyakan sulit bekerja sama. "D" memiliki daya survival dan IMPROVISASI yang kuat untuk mencapai tujuannya dan tidak sabaran. Pekerjaan yang cocok untuk "D" adalah memimpin atau mandiri (individual), cenderung bossy atau pekerjaan-pekerjaan "lapangan". "D" yang KUAT cocok berada dimana saja. Mudah beradaptasi, beri target, biarkan dia yang memilih caranya sendiri.


2.Tipe "I" Influence atau Sanguin.
Yaitu orang-orang yang paling rame dan dikerubutin banyak orang kalo dalam pesta/arisan.
Ciri orang "I" adalah ramah, persuasif, popularitas, optimis, interaktif, menginspirasi, tapi agak ceroboh. "I' cocok untuk direct selling, public speaker, kalo dalam tim, dia  adalah komunikator yang hebat. "I" tidak cocok untuk pekerjaan detail, mencatat, dan yang membutuhkan ketelitian. Dijamin berantakan. Hehe.. :p. Orang "I" biasanya bukan orang yang Fokus, sekaligus menjadi kelebihannya, yaitu punya segudang cerita yang "Fun". Jadi, beri orang "I" kerangka kerja yang detail (checklist) supaya tidak ada yang terlewat dalam pekerjaannya.


3.Tipe "S" Steadyness atau Plegmatis.
Yaitu orang yang STABIL dan cenderung pasif.
Ciri menonjol "S" adalah "cinta damai" tidak pernah konflik dengan orang lain, alias "manut" atau nurut. Orang "S" adalah tempat curhat yang sempurna, pendengar yang baik, pekerja keras, tapi bukan pekerja cepat. Jangan beri pekerjaan cepat kepada orang "S", dijamin tidak selesai. Bukan karena tidak cerdas, tapi waktu berjalan "lamban" untuknya. :p. Di balik itu, orang "S" adalah orang-orang yang LOYAL, tidak pernah menolak pekerjaan apa pun, juga ajakan setengah memaksa. :p. "S" Cocok untuk pekerjaan yang butuh kesabaran, contoh: produksi, customer service/complain, Public Relation.

4.Tipe "C" Compliance atau Melankolis.
Orang-orang yang suka dengan detail, angka-angka, dan kesempurnaan. Serahkan pekerjaan yang menuntut ketelitian kepadanya, contoh: audit keuangan, event organizer, riset, QC.
Ciri "C" biasanya terlihat dari kebersihan, kerapian, pakaian yang matching, dan Planner yang bagus. Orang "C" biasanya anti-kritik, karena dia "sudah belajar secara sempurna", dan sangat mengandalkan "logikanya". "Kesempurnaan" orang "C" ini pula yang sering membuatnya takut melangkah, bahkan cenderung paranoid.


Itulah ciri-ciri dasar 4 tipe karakter manusia. Tiap orang biasanya punya kombinasi semuanya, dan biasanya ada 1-2 yang dominan.
Kombinasi umumnya adalah D-I dan S-C.
Dalam banyak kasus ada kombinasi I-S dan C-D,
tapi sangat jarang D-S atau C-I.


Kombinasi D-I adalah Orator yang hebat.
I-S adalah customer service yang sempurna.

S-C adalah peneliti yang tekun.dan,
C-D adalah Leader yang Visioner.


Banyak orang menggolongkan D dan I sebagai orang-orang otak kanan, dan I-S adalah orang-orang dominan otak kiri.


Nah.. Sekarang, mulailah menggolongkan orang-orang anda. Apakah sudah tepat dengan potensi & karakternya? Mana posisi yg "bolong"?

Sekian dulu
dari saya hari ini tentang menggunakan DISC dalam membentuk Tim Hebat.

4 Tipe DISC


Semoga bermanfaat.. ^_^